make money online

sarana tempat belajar bersama, bagi para pemula bisnis internet


Kunjungi kami

Lowongan Kerja Terbaru CPNS, BUMN, Bank 2008

↑ Grab this Headline Animator


FreeMoney

↑ Grab this Headline Animator

make money online

↑ Grab this Headline Animator


www.webkios.info/direktori
Thursday, 4 December 2008
Istilah Umum di dunia Adsense
Bagi pemula yang baru mengenal Adsense, mungkin belum mengetahui istilah2 yang sering digunakan. Berikut arti dari istilah2 tersebut sebelum mempelajari lebih jauh mengenai Adsense.

Publisher
Adalah Orang atau pemilik situs yang sudah bergabung dengan Google Adsense dan sudah pula memasang iklan Adsense di situs mereka.Misal anda punya website/blog lalau mendaftar ke googel adsense(istilah lainnya apply), setelah diterima lalau anda memasang code iklan adsense di website/blog adsense anda, itu baru namanya Publisher

Ad Units
Adalah Iklan AdSense itu sendiri. Ad Units ini terdiri dari beberapa jenis dan ukuran. Yang paling umum adalah jenis Text Ads. Dalam satu halaman, publisher diperbolehkan untuk memasang maksimal 3 buah Ad Units.

Link Units
Hampir sama dengan Ad Units. Hanya saja formatnya mirip dengan format menu yang biasa kita temui di situs2 web.
Yang membedakan Link Units dengan Ad Units adalah pada saat pengunjung mengklik iklan ini, maka ia akan diarahkan pada halaman hasil pencarian di search engine Google. Publisher baru akan mendapatkan pemasukan apabila pengunjung meng-klik salah satu Ad Unit yang ada di halaman tersebut. Pada prakteknya, Link Units terbukti menghasilkan pemasukan lebih banyak dibandingkan Ad Units biasa.
Dalam satu halaman situs, publisher diperbolehkan untuk memeasang maksimal 3 buah Link Units.
Adsense for Content
Adalah iklan AdSense yang dipasang didalam suatu halaman. Iklan2 yang muncul adalah iklan2 yang berhubungan dengan isi halaman tersebut. Atau istilahnya menggunakan konsep contextual. Ad Units dan Link Units adalah yang termasuk dalam AdSense for Content ini.

Alternate Ads
Pada AdSense for Content, iklan tidak selalu muncul. Sebabnya antara lain bisa karena memang stok iklan yang berhubungan dengan isi situs sudah habis atau Google tidak dapat memperkirakan apa isi situs itu sebenarnya. Jika ini terjadi, secara default, yang ditampilkan adalah iklan layanan masyarakat atau sering dikenal dengan istilah PSA (Public Service Ads). Karena bertipe donasi, maka jika diklik, iklan ini tidak menghasilkan apa-apa bagi publisher.
Untuk mengatasinya, Google memperbolehkan kita untuk memasang Alternate Ads atau iklan alternatif. Jika Ad Units yang dibuat telah di-setting dengan menggunakan Alternate Ads, maka apabila Ad Units tersebut tidak dapat tampil, yang muncul adalah iklan alternatif yang ter-setting didalamnya.

Adsense for Search
Selain memasang iklan, publisher AdSense juga dapat memasang form search box di situs mereka. Form ini dinamakan AdSense for Search. Apabila ada pengunjung yang melakukan pencarian dengan menggunakan form tersebut, maka ia akan dibawa menuju halaman hasil pencarian yang bersangkutan.
Sama halnya dengan Link Units, publisher akan mendapatkan pemasukan apabila salah satu iklan yang ada di halaman tersebut di-klik. Publisher diperbolehkan untuk memasang maksimal 2 buah form AdSense for Search dalam satu halaman. Selain itu publisher tidak diperbolehkan untuk memasang form pencarian dari pihak lain.
Referrals
Adalah satu lagi sumber pendapatan publisher didunia AdSense. Ya, publisher AdSense dapat melakukan iklan referral, baik berupa banner maupun text di situs mereka. Yang perlu diingat, iklan jenis ini bersifat CPA (Cost Per Action), dimana publisher baru akan dibayar bila pengunjung yang meng-klik iklan tersebut telah melakukan tindakan tertentu.
Misalnya pada iklan referrals AdSense, pengunjung yang mengklik iklan dan bergabung dengan Google AdSense baru akan menghasilkan pemasukan bagi publisher apabila pengunjung tersebut meraih $100 dalam jangka waktu 6 bulan (180 hari).
Saat ini ada 3 macam iklan referral, yaitu AdSense, AdWord, Firefox. Tapi sayangnya untuk saat ini Adsense for referall sudah di non aktifkan oleh google, jadi sudah tidak bisa dipergunakan lagi

Channels
Adalah semacam label yang dapat diberikan pada Ad Units, Link Units, AdSense for Search, dan Referrals. Satu unit iklan dapat memiliki lebih dari satu, dan sebaliknya, satu label dapat digunakan untuk lebih dari satu iklan. Di halaman laporan Google Adsense, hasil laporan akan dikelompokkan berdasarkan Channels, sehingga penggunaan Channels akan sangat memudahkan publisher untuk menganalisa performance AdSense mereka.
Umumnya, publisher akan memberikan nama Channels yang sama pada unit2 iklan yang ada di satu situs. Jika mau lebh detail, sah2 saja untuk memberikan nama Channels yang berbeda untuk tiap2 unit iklan di tiap2 situs. Yang perlu diingat, maksimal jumlah Channels yang diperbolehkan saat ini adalah 200 buah.

Page Impressions
Adalah jumlah yang menunjukkan berapa kali halaman yang mengandung Ad Units dibuka oleh pengunjung. Nilainya tidak terpengaruh oleh kuantitas Ad Units yang ada didalam halaman yang bersangkutan.
Clicks
Adalah jumlah klik pada Ad Units milik publisher. Dalam halaman laporan AdSense, publisher dapat melihat total klik yang ia dapatkan, maupun berdasarkan Ad Units maupun Channel-nya.

CTR (Click Through Rate)
Adalah perbandingan dalam persen antara jumlah klik yang diterima suatu Ad Units dengan jumlah tampilan Ad Units tersebut. Misal, satu Ad Units yang ditampilkan 40 kali dan di-klik 10 kali memiliki nilai CTR 25% (10:40).
Berapa nilai CTR yang ideal? Hali ini sulit ditentukan karena terpengaruh oleh banyak faktor, seperti sumber datangnya pengunjung, jumlah pengunjung, dan sebagainya. Untuk situs yang padat pengunjung misalnya, nilai CTR antara 8-10% sudah termasuk ideal.

CPC (Cost Per click)
Adalah jumlah uang yang akan didapatkan oleh publisher apabila Ad Units tertentu di-klik. Nilai CPC masing2 Ad Units berbeda dan ditentukan oleh banyak faktor, termasuk performance publisher dan kualitas situs milik publisher. Namun secara umum, nilai maksimal yang mungkin adalah 20% dari nilai bid dinamis yang ditawarkan pemasang iklan.

eCPM (Effectve CPM)
Adalah hasil pembagian antara jumlah pendapatan publisher dengan jumlah page impression (per 1000) yang ia dapatkan dari iklan2nya. Sebagai contoh, publisher yang menghasilkan $200 dari 50,000 akan memiliki nilai CPM sebesar $4 ($200/50).
Nilai eCPM pada umumnya tidak begitu bermanfaat bagi publisher. Namun publisher dapat secara garis besar melihat kesuksesan Channel/Ad Units-nya berdasarkan eCPM Cahannel atau Ad Units tsb.

Labels:

posted by rc airplanes @ 19:15  
0 Comments:

Post a Comment

<< Home
 
Sponsors




Previous Post
Archives
Berita
Template by

Blogger Templates